Saturday, September 30, 2017

Macam-macam software untuk membuat game (Game Engine)

Yap kali ini saya akan membahas nih mengenai software-software untuk membuat game, mulai dari yang versi gratis sampai versi berbayar. Untuk zaman teknologi seperti saat ini pasti banyak diantara agan yang hobi main game di PC atau pun Mobile Phone, nah dari pada cuma sekedar main agan bisa coba buat game versi agan sendiri, agan bisa coba software-software berikut :
1. Game Maker
Pertama adalah Game Maker, yap game engine yang satu ini memberikan fasilitas software pembuatan game dari versi gratis sampe versi premium, cara penggunaannya pun cukup mudah dan dapat dipakai dari tinggkat beginer sampai advance. Untuk membuat game 2D pun banyak fitur drag & drop saja tanpa perlu mengetahui bahasa pemprograman asal paham alur logika saja. Namun kalau mau membuat yang lebih baik dapat menggunakan bahasa pemprograman C++ baik untuk versi 2D maupun 3D. Saya sudah memakai software ini sejak tahun 2010, game yang sudah saya ciptakan menggunakan game engine ini diantara lain, Peppy Memburu Buah, Kura-Kura Rakus, Ngacir VS Kaskus, dsb. Agan bisa mendapatkan aplikasi Game Maker ini dengan mendownload di website resminya taupun Via Steam
2. Game Guru
Yang kedua yang akan saya ulas adalah game guru, yap game engine satu ini adalah game engine untuk membuat game 3D tanpa perlu agan menguasai pemprograman sama sekali, dari membentuk terrain, membuat karakter 3D sendiri, sampai mengatur alur game yang sesuai agan inginkan. Agan dapat membuat game tembak-tembakan, petualangan dan cartoon. Saya sudah menggunakan aplikasi ini sejak tahun 2016 dan menghasilkan beberapa game seperti Sword Art Offline, Zombie City, dsb. Untuk mendapatkan Game Guru agan bisa langsung beli via Steam dengan harga normal Rp. 135.999 tanpa pack yang lainnya (saran beli pas lagi ada sale aja bisa lebih murah).
3.  Construct 2
Yang ketiga adalah contruct 2, untuk game engine yang satu ini saya baru saja download via steam karena termaksud game engine versi gratis namun ada juga versi permiumnya, kalau mau versi premiumnya sih cukup mahal, untuk versi personal harganya Rp. 1.599.000, dan untuk versi bussiness yaitu Rp. 5.399.000, untuk penggunaannya dari detail yang saya baca hampir mirip dengan Game Maker. Untuk mendapatkan game engine yang satu ini juga bisa agan download langsung via Steam ya gan.
4. MyWorld - Action RPG Maker
Yang terakhir yang akan saya ulas adalah MyWorld - Action RPG Maker, game engine yang satu ini satu-satunya game engine yang mudah untuk membuat game versi RPG 3D, ada sebenernya game ngenine khusus untuk game RPG yaitu RPG maker, namun hanya untuk versi 2D, untuk game engine satu ini belum lama juga saya beli, baru buat satu game dan belum dipublish juga, judulnya Sword Art Fallen. Untuk mendapakan software ini agan dapat membelinya via Steam seharga Rp. 169.999

Sekian artikel saya kali ini, sebenarnya masih banyak lagi game engine yang lain, cuma saya hanya mengulas game engine yang pernah saya gunakan, untuk tutorial masing-masing game engine tersebut tunggu postingan saya selanjutnya, semoga bermanfaat. :)

0 comments: